YAYASAN DARUTTAUHID MALANG

MUKADDIMAH

            Yayasan Daruttauhid Malang berdiri dan terdaftar di Akta Notaris pada hari Kamis tanggal 6 Mei 1982 No. 11. Yayasan didirikan atas prakarsa pendiri dan sekaligus pemilik yaitu al Ustadz Abdullah Awad Abdun Rahimahu Allah. Pada hari tersebut beliau bersama Ust. Toriq Fauzi Sya’roni menghadap notaris untuk mendirikan sebuah badan hukum yang berbentuk Yayasan, dan untuk maksud itu telah dipisahkan dan disendirikan dari kekayaan mereka untuk menjadi pokok pangkal kekayaan Yayasan uang tunai sebesar Rp. 400.000 (empat ratus ribu rupiah). Selanjutnya pada tanggal 17 Juni 1986 terjadi perubahan Anggaran Dasar Yayasan Daruttauhid sebagaimana terdaftar pada Akta Notaris Tanggal 17 Juni 1986 No. 13.

Sebelum berbentuk Yayasan, al Ustadz Abdullah Awad Abdun Rahimahu Allah telah mendirikan Lembaga Pendidikan Islam (LPI) berupa Pondok Pesantren Daruttauhid pada tahun 1980/1981 yang bertempat di Jl. Sunan Ampel III No. 10 Kelurahan Dinoyo Kecamatan Lowok Waru Kota Malang sebagai cikal bakal lahirnya Yayasan Daruttauhid.

Yayasan Daruttauhid Malang mengalami perkembangan yang pesat, pada saat ini Yayasan sudah memiliki Pondok Pesantren yang menyelenggarakan pendidikan Diniyah mulai tingkat Tamhidiyah, Ibtidaiyah, dan Tsanawiyah. Yayasan juga memiliki Lembaga Pendidikan di bawah naungan Kementerian Agama, yaitu Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA). Selain itu Yayasan juga memiliki sarana ibadah berupa Masjid dan melaksanakan kegiatan-kegiatan lainnya.

Menindaklanjuti Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2001 Tentang Yayasan sebagaimana telah dirubah dengan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2004 Tentang Perubahan atas Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2001 Tetang Yayasan, dan Peraturan Pemerintah RI Nomor 2 Tahun 2013 Tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 63 Tahun 2008 Tantang Pelaksanaan Undang-Undang Tentang Yayasan, maka pada hari Sabtu tanggal 6 Pebruari 2016 terjadi perubahan Anggaran Dasar Yayasan Daruttauhid Malang sebagaimana terdaftar pada Akta Notaris Nomor 24 Tanggal 06 Pebruari 2016. Pada Tanggal 16 Februari 2016, Yayasan Daruttauhid Malang telah terdaftar di Kemenkumham RI. Berdasarkan Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesai Nomor AHU-0008948.AH.01.04. Tahun 2016.

NAMA, TEMPAT DAN LAMBANG

Yayasan ini bernama Yayasan “Daruttauhid Malang”.Yayasan ini berkedudukan di Jl. Sunan Ampel III No. 10 Kelurahan Dinoyo Kecamatan Lowok Waru Kota Malang Jawa Timur. Meskipun Yayasan dapat membuka kantor cabang atau perwakilan di tempat lain, akan tetapi saat ini Yayasan Daruttauhid Malang belum memiliki cabang di manapun dan tidak terkait dengan Daruttauhid-Daruttauhid lain yang sudah ada.

VISI, MISI dan TUJUAN

Visi

Menjadi Lembaga Dakwah dan Pendidikan Islam terkemuka dalam mencetak generasi muslim yang beriman, berilmudan beramal sholeh.

Misi

  • Mengembangkan dakwah dan pendidikan Islam dalam mencetak generasi muslim yang beriman, berilmudan beramal sholeh.
  • Menegakan Akidah Ahlussunnah wal Jamaah yang berdasrkan al Quran dan Hadits Nabi Saw.
  • Meningkatkan kualitas sumber daya manusia guna mewujudkan generasi muslim yang beriman, berilmudan beramal sholeh.
  • Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang bernafaskan Islam

Maksud dan Tujuan

Yayasan mempunyai maksud dan tujuan di bidang Sosial, Kemanusiaan, dan Keagamaan, yaitu:

  • Mencetak generasi muslim yang beriman, berilmu dan beramal sholeh untuk berdakwah dalam kebaikan
  • Mencetak generasi muslim yang beriman, berilmu dan beramal sholeh untuk berdakwah dalam amar ma’ruf dan nahi munkar.

KEGIATAN

Untuk mencapai maksud dan tujuan sebagaimana tersebut di atas, Yayasan menjalankan kegiatan sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan Pondok Pesantren dan Madrasah Diniyah
  2. Lembaga Pendidikan Formal MTs dan MA Kurikulum Nasional (Kemenag)
  3. Meningkatkan Pemahaman dan Syiar Keagamaan

STRUKTUR PENGURUS YAYASAN

Dewan Pembina :

  • Ust. Taha Abdullah Abdun
  • Ust. Husein Abdullah Abdun
  • Ust. Shaleh Abdullah Abdun

Pengawas              : Habib Hadi al Kaaf

Ketua Yayasan    : Dr. H. M. Abdul Hamid, MA

Sekretaris             : Sayyid Umar, M. Pd I

Bendahara            : Ali Zahir